Umur Penderita Diabetes Indonesia Semakin Muda

#SoloBebasDiabetes - Populasi penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. Berdasarkan data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di tanah air mencapai lebih dari 8,5 juta populasi.

"Bahkan angka tersebut semakin naik pada tahun 2014 hingga mencapai lebih dari 9 juta populasi," kata ketua Perkumpulan Endrokologi Indonesia (Perkeni) Prof. Dr. Achmad Rudijanto, 2015.

Sekitar 20 tahun lagi, jumlah penderita DM diprediksi
melonjak mencapai lebih dari 14 juta populasi dengan tiingkat prevalensi 6,67 persen untuk populasi orang dewasa.

"Tidak hanya itu, umur penderita diabetes pun kini semakin menurun atau semakin muda," katanya.

Dari lima penderita diabetes, satu orang masih berumur dibawah 40 tahun, yakni diantara 20 hingga 39 tahun sebanyak 1.671.000 populasi. Sedangkan usia 40 hingga 59 tahun sebanyak 4.651.000 populasi. Sisanya berusia 60 hingga 79 tahun.

Achmad menambahkan, penyakit ini memang berkaitan dengan gaya hidup. Edukasi soal penyakit ini sangat penting dilakukan untuk mencegah sekaligus memperbaiki kualitas terapi para penderita.

"Karena penderita harus disiplin terhadap pengobatannya. Dan itu harus dimulai dengan edukasi yang baik sehingga baik penderita maupun keluarga bisa mendapatkan pengobatan yang maksimal," katanya